Pengalaman Upgrade SIM Card 4G LTE Indosat dan Tri

Indosat 4G LTE vs Tri 4G LTE | ardiologi

Indosat 4G LTE vs Tri 4G LTE | ardiologi

4G LTE adalah generasi terbaru dalam industri telekomunikasi. Walaupun statusnya di Indonesia saat ini seperti “arek-arek-moal-moal” atau seperti dipaksakan dengan infrastruktur seadanya, bukan berarti sepi promosi dan peminat. Buktinya, dua operator seluler yang saya gunakan (Indosat Ooredoo dan Tri) sangat gencar mempromosikan layanan 4G LTE walaupun masih sangat seadanya terbatas.

Untuk bisa menikmati layanan 4G LTE, ada 3 syarat utama. Pertama, perangkat sudah mendukung layanan 4G LTE. Kedua, sudah ada cakupan (coverage) sinyal 4G. Ketiga, mengganti SIM Card lama yang belum mendukung layanan ini.

Dalam tulisan ini, saya akan membandingkan pengalaman mengganti SIM Card 4G LTE baik dari Indosat Ooredoo dan juga dari Tri. Saya mengganti SIM Card Indosat Ooredoo di Galeri Indosat Ruko Saladdin Square C19-20, Kota Depok, Jawa Barat. Untuk Tri, saya menggantinya di Tri Store Bintaro (lokasinya di kawasan ruko seberang Bintaro Plaza).

Proses Awal

Sama seperti di kantor layanan pada umumnya, di Galeri Indosat ataupun di Tri Store kita akan disambut oleh satpam dan ditanyakan maksud dan tujuan adik datang kesini.

Untuk di Gerai Indosat, saya langsung diminta mengisi lembar pendaftaran penukaran SIM Card lama ke 4G LTE. Untuk tukar SIM Card tidak harus antri dengan layanan lain seperti kehilangan kartu ataupun layanan keluhan.

Berbeda dengan Galeri Indosat, di Tri Store untuk layanan ganti SIM Card ke 4G LTE, harus melalui antrian yang sama dengan layanan lain. Uniknya, untuk Tri Store, mendaftar melalui sebuah komputer tablet dengan mengisi nama, nomor tri, dan kebutuhan layanan. Setelah mendaftar, akan ada SMS masuk ke nomor Tri milik kita dan menunjukkan nomor antrian.

Untuk dua tempat ini, karena ruangannya sempit, maka siap-siap saja berdiri jika tidak kebagian kursi.

Pelayanan di Customer Service

Untuk Galeri Indosat, karena data sudah diisikan sejak mendaftar, maka petugas CS (Customer Service) langsung meminta KTP untuk mengisi data lalu menyerahkan SIM Card baru. Kemudian SIM Card baru dipasang. Lalu petugas CS akan meminta kita menyebutkan sebuah kode yang terkirim via SMS ke perangkat yang baru saja diganti SIM Card-nya. KTP dikembalikan dan selesai.

Total waktu yang dibutuhkan dari menunggu hingga proses kurang lebih 30 menit.

Untuk Tri Store, petugas meminta KTP dan memberikan formulir layanan yang harus kita isi dan tanda tangan. Kemudian SIM Card akan diberikan.

Total waktu yang dibutuhkan lebih dari 90 menit (90 menit tunggu antrian dan 15 menit layanan).

Jaringan

Saya sehari-hari berada di daerah Ciputat Rempoa, Tangerang Selatan dan hingga saat ini status jaringan di perangkat Xiaomi Redmi 2 yang saya pakai belum pernah menunjukkan angka 4G baik ketika menggunakan Indosat maupun Tri. Untuk bagian ini akan saya update di kemudian hari. (UPDATE: Indosat sudah tercakup 4G di Ciputat Rempoa hanya saja setting di perangkat harus “4G Only”)

Demikian sedikit pengalaman saya mengganti SIM Card untuk bisa merasakan 4G LTE (walaupun sampai sekarang saya masih belum bisa menggunakannya). Apakah teman-teman punya pengalaman serupa terutama dengan selain dua operator yang saya sebutkan di atas? Silakan mampir di kolom komentar. 😀

**

139 pemikiran pada “Pengalaman Upgrade SIM Card 4G LTE Indosat dan Tri

  1. Saya baru upgrade simpati saya ke 4G, upgrade simpati lebih enak karena kita tidak perlu antri dan tidak perlu datang ke grapari, cukup dengan beli kartu upgrade simpati 4G dam ketak ketik dikit langsung 4G kartu lama kita.

    Utk lebih jelas bisa di googling caranya, dan setelah saya coba ternyata ruar biasa sinyal 4G, sangat terasa perbedaannya.

  2. kalo ane pake indosat migrasi ke 4G tinggal dateng ke indomaret beli simcard 4G cuma 500 perak…udah 4G nih signalnya… tinggal simcard ane yg Tri masih 3G..bisa seperti isat ngga ya kalo bisa mau banget

    • kalo beli nomor baru dengan layanan 4G emang seperti itu

      yang saya sampaikan kalo mau update kartu ke 4G dengan nomor lama

      kalo 3, upgrade ke 3 store saja

  3. Gan ane mau nanya nih,,,,,, kan ane masuk ke 3 store nah,,,,pas masuk bahasanya Italia,,,,ane bingung dengan bahasanya gan,,,,,to long infonya

  4. Denger2 bisa tukar kartu 4g indosat di indomaret untuk daerah tangerang. Oom bisa konfirm hal ini gak utk wilayah tangsel?

  5. Saya udh UP ke 4G tri LTE,tp dampaknya ngecek2 ID mobile banking ga bisa ada keterngn “unabel to authenticate your identity” apakh karna kartu ganti jdi ga bisa yah padahlkn nomor tetp ga berubah

    • saya pernah nemu kasus, untuk internet banking, jaringan internet yang dipakai harus di SIM 1 (jangan SIM 2)

      apakah sudah dicoba?

      jika belum berhasil, mungkin nonaktifkan saja 4Gnya dan kembali ke HSDPA

  6. Mas, kalo kartunya diupgrade ke 4G tapi dibawa ke area yg blm 4G (alias masih 3G) itu ada pengaruhnya ke hal2 selain jenis paket data yg digunakan nggak?

  7. Mas kalok kartu tri yg biasa di pakek.. Itu belum bsa 4g yah? .. Jdi harus up ke 4g yah? Jadii biayanya gratisan apa bayar yh?

  8. Pagii…
    Mau nanya nih min.. Ni kan aku udah dapat kiriman kartu 4G dari 3 tapi aku gk tau cara aktifinnya biar kuota, pulsa dan sebagainya dari kartu 3 lama aku pindah ke kartu 4G ku yg baru.. Mohon bantuannya dong min.. Makasih 😊

  9. Info dong saya beli kartu perdana paket three nih bagaimana cara mengupgradenya biar menjadi 4 g mohon infonya dong soalnya saya gak tau… hp saya samsung S7 2016…

  10. Min mw nanya pengalaman pribadinya donk klo dah coba paketan tri yg 30gb /30 hari (1gb/hari). Itu kalo hapenya dh 4g tapi kartunya masih yg 3g pastinya gk bisa dpt sinyal 4g tapi bisa gk pake jatah 1gb/hari yg katanya di jaringan 4g? Mohon pencerahan nya. Makasih.

Berikan Komentar...