#4TahunLalu Kesempatan Ketiga

dok. @asysodik

Kesempatan ketiga datang! Instruksi untuk datang kembali ke Pulau Lombok saya terima. Dua tahun setelah kesempatan kedua, tepatnya 2018. Saat itu panggilan tugas datang untuk membantu pemulihan korban gempa bumi di Lombok.

Gempa besar yang mengguncang pulau Lombok mengubah wajah pulau seribu masjid tersebut. Rumah-rumah hancur berantakan. Lapangan dan sawah disulap menjadi lokasi pengungsian. Relawan dan pegiat kemanusiaan silih berganti datang membantu.

Di kedatangan pertama, pertengahan Oktober 2018, saya diinstruksikan berkoordinasi dengan tim yang sudah lebih dulu terjun lalu melakukan survei terkait program pemulihan. Total 14 hari saya habiskan untuk berkeliling mendata kerusakan, menyiapkan rencana kerja, dan menghitung kebutuhan material. Saat itu semua pegiat kemanusiaan khidmat melakukan tugasnya di pos masing-masing. Ada yang berkhidmat di bidang kesehatan, ada yang berjibaku dengan konstruksi hunian sementara, ada yang melakukan kajian program ekonomi jangka panjang, dan pelbagai jenis niat baik yang dilakukan.

Lalu ada juga yang berkhidmat di bidang pendidikan. Dipanggil untuk mengabdi pada sekolah darurat. Mendatangi anak-anak usia sekolah untuk tetap menuntut ilmu di tengah situasi pascabencana yang belum sepenuhnya ideal untuk belajar.

Di satu posko di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, saya menempati satu posko bersama dengan berbagai misi pekerjaan. Posko ini mempertemukan berbagai pegiat kemanusiaan dari beragam tempat.

Kami berkenalan satu sama lain. Memahami tugas satu sama lain. Durasi tugas kami bermacam-macam. Saat itu saya hanya bertugas 14 hari. Ada juga yang bertugas 6 bulan. Salah satu antara mereka yang bertugas selama 6 bulan, ada yang menarik mata.

Apa daya, masa akhir tugas saya tiba. Saat itu belum terkabar untuk bisa kembali bersua untuk kesempatan berikutnya.

Berikan Komentar...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s